Sub Sektor
DESAIN KOMVIS
Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu. Atau dengan kata lain merupakan bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi seefektif mungkin. Sebagai subsektor ekonomi kreatif, DKV memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis, pemilik merek, bahkan program-program pemerintah.
Dinamika Desain Komunikasi Visual selalu terkait erat dengan perkembangan teknologi. Saat Revolusi Industri 3.0, di Indonesia terjadi ‘penggusuran’ besar-besaran terhadap desainer manual. Profesi seperti paste-up artist, tukang setting, tukang stensil, digantikan oleh desainer pengguna komputer. Revolusi Industri 4.0, memungkinkan siapapun menjadi desainer. Penggunaan desain siap pakai, seperti template, mockup, dan clipart menggantikan desain yang dimulai dari nol dan riset. Bahkan dengan perangkat telepon genggam sekarang sangat memungkinkan untuk mendesain, kapanpun dan dimanapun. Puluhan aplikasi desain instan sudah tersedia, siap diunduh dan digunakan secara gratis.
Kekuatan imajinasi dan kreativitas menjadi modal yang harus dimiliki untuk bersaing di subsektor ini. Dan pemuda Indonesia memiliki modal yang kuat untuk bisa menjadi pemain inti di subsektor Desain Komunikasi Visual dunia.