Jakarta – 2 Agustus 2021. Berita baik menyambut hari Dirgahayu Indonesia tidak hanya datang dari kancah perbulutangkisan ganda putri Indonesia yang berhasil meraih emas Olimpiade Tokyo 2021, namun juga datang dari kancah games Indonesia.
Hari ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID gelar Press Conference Baparekraf Game Prime Online 2021 sekaligus launching program Beli Game Lokal.
Event industri game terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 8 Agustus 2021 mendatang dan akan mengusung konsep #MainGameLokal dan akan menjadi wadah bagi para pegiat industri game untuk menunjukkan karya mereka serta meningkatkan kesadaran dan menjadikan produk lokal seperti kejuaraan, ajang apresiasi serta game lokal sebagai pilihan utama yang patut didukung dan diapresiasi.
Baparekraf Game Prime 2021 Online tetap berkomitmen untuk menyuguhkan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring, menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini.
Rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Online Game Exhibition, Gameprime Show, Game Prime Award, Online Game Development Conference and Class, dan turnamen esports “Free Fire Tournament” yang akan mengundang tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online.
Rangkaian Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus 2021 hingga tanggal 8 Agustus 2021. Rangkaian acara dimulai dengan Road to Online Exhibition Game Prime yang melibatkan para content creator lokal yang akan memainkan game lokal terbaik dari tahun 2020 ke belakang, kemudian Game Prime show, online exhibition, online game development conference and class, dan grand final Free Fire Esport Tournament, serta puncaknya adalah Game Prime 2021 Awards.
Muhamad Neil El Himam selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Badan Pariwisata Baparekraf mengatakan, “Baparekraf Game Prime selalu konsisten menjadi wadah dan juga dukungan bagi developer dan pelaku industri game Indonesia untuk terus berkembang dalam membuat karya-karya yang bisa dimainkan bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Acara tahunan ini kembali hadir di tahun 2021 dan diharapkan juga akan terus meningkatkan eksposure bagi game-game lokal untuk diketahui lebih luas oleh masyarakat Indonesia dan juga luar negeri.”
“Kemenparekraf bersama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap hampir 100 game yang mendaftar dan dari total tersebut telah terpilih 40 game dari berbagai game developer yang dipamerkan pada event ini. Diharapkan juga melalui event ini, game developer bisa meningkatkan penjualannya serta membawa Indonesia menjadi yang terbaik di pangsa nasional maupun internasional.” lanjut Muhamad Neil El Himam.
Nia Niscaya, Deputi bidang Pemasaran menyampaikan dukungannya menyambut Baparekraf Game Prime Online 2021 dan Hari Game Indonesia melalui program Beli Game Lokal, program promosi game produksi anak bangsa yang merupakan kolaborasi Kemenparekraf/ Baparekraf dengan AGI dan empat platform e-commerce terkemuka di Indonesia, yaitu Tokopedia, JD.ID, Shopee, dan BukaLapak. Kemenparekraf/ Baparekraf akan memberikan insentif game-game lokal Indonesia berbasis PC dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Kampanye Beli Game Lokal dijalankan mulai 2 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2021 menawarkan serangkaian promo menarik untuk pembelian sekitar 20 judul game lokal seperti Coffee Talk, DreadOut, dan World of Celestian Tales.
“Kami berkolaborasi dengan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, khusus dari pemasaran mengkampanyekan Beli Game Lokal, call to action dari Main Game Lokal. Harapannya program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk game lokal tidak kalah dengan produk game negara lain.” ujar Nia.
Untuk menggaungkan program Beli Game Lokal, Kemenparekraf/Baparekraf akan menggandeng content creator untuk meriviu game lokal selama sepekan, “Untuk membuktikan kualitas game lokal, content creator gamers seperti Anak Tua, The Lazy Monday, Pokopow dan Republik Sultan akan streaming memainkan game lokal untuk memperkenalkan dan mengedukasi game Indonesia ke masyarakat luas” tambah Adam Ardisasmita, Wakil Presiden AGI
Selain dukungan dari content creator, keempat ecommerce juga akan memberikan kontribusi besar pada promosi Beli Game Lokal, salah satunya talk show kampanye Beli Game Lokal bertajuk “Game Lokal Berdaya Saing Global” yang diselenggarakan secara virtual oleh Tokopedia pada Kamis, 29 Juli 2021 lalu, menghadirkan narasumber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang menyampaikan beberapa harapannya terkait pengembangan game lokal di Indonesia, salah satunya adalah pelibatan unsur lima destinasi pariwisata super prioritas di dalam game. “Alangkah baiknya jika di game-game yang di-develop, lokasinya ya di situ (destinasi pariwisata super prioritas) sekalian kita mempromosikan (pariwisata), misalnya game-nya di (Candi) Borobudur atau Danau Toba. Salah satunya adalah untuk membangkitkan pariwisata juga sisi ekonomi kreatifnya,” ujar Sandiaga.
Di sisi lain, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison menyambut baik inisiatif penyelenggaraan kampanye Beli Game Lokal serta menyatakan komitmen Tokopedia dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. “Tokopedia berkontribusi secara aktif dalam menyukseskan kampanye Beli Game Lokal hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Asosiasi Game Indonesia. Kami juga berharap agar kampanye tersebut dapat menjadi momentum yang baik untuk mendorong promosi game lokal di Indonesia sebagai salah satu bentuk pengembangan ekonomi kreatif. Para peminat game nantinya akan dapat menikmati berbagai promo menarik untuk pembelian voucher game lokal di Tokopedia. Di sisi lain, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk semakin bangga akan produk buatan Indonesia dengan turut serta mendorong inovasi game lokal agar dapat semakin dikenal.
Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID, Leo Haryono, mengungkapkan rasa antuasiasnya. “JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia sangat antusias menyambut gelaran Baparekraf Game Prime 2021 ini, karena meskipun saat ini situasi dan kondisi masih pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID berkolaborasi dengan menyuguhkan acara e-sports, game, edukasi, hingga hiburan yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kami tentunya akan turut mendorong, sekaligus mendukung game lokal dan juga merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI) melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dengan meluncurkan acara yang bertema #MainGameLokal tersebut. JD.ID akan menjadi wadah bagi para gamers untuk bisa menghadirkan 20 game lokal berbasis PC yang akan segera tersedia di JD.ID pada periode tanggal 2 – 8 Agustus 2021. Dengan adanya program ini, kita harus memanfaatkan sebaik mungkin agar konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat, terdepan, berkualitas dan pastinya tidak kalah dengan produk game negara lain” jelas Leo.
Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia menyampaikan, “Shopee menyambut baik inisiatif Beli Game Lokal Kemenparekraf bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan turut memasarkan game-game lokal tersebut di platform kami. Ini merupakan sebuah inisiatif yang menarik, terutama dalam masa pandemi, sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia khususnya penggemar e-sports. Shopee berkomitmen untuk terus mendukung produk-produk lokal buatan Indonesia dan kami mengapresiasi gerakan untuk terus mendorong dan mengembangkan game-game lokal. Dengan adanya program ini, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap game-game lokal dan dan dapat menumbuhkan bibit-bibit pembuat game lokal yang lebih berkualitas lagi.”
Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak mengatakan, “Salah satu komitmen Bukalapak adalah ingin mengambil peran penting dalam meningkatkan penetrasi digital di Indonesia, dengan cara membantu menciptakan ekosistem digital yang baik. Kami melihat terdapat peningkatan akses internet termasuk penggunaan video games selama pandemi Covid-19 berlangsung, oleh karena itu Bukalapak selalu melakukan inovasi berbasis teknologi sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna, khususnya bagi pecinta video games di Indonesia. Kami sangat mendukung acara”Gelar Baparekraf Game Prime 2021 Online” ini karena hal ini akan terus mendorong masyarakat untuk menggunakan dan bangga atas produk-produk buatan Indonesia. Kami berharap kolaborasi dari berbagai pihak ini dapat mengkatalisasi kebutuhan akan digital gaming di Indonesia serta membuat video games dapat lebih mudah diakses oleh setiap kalangan di masyarakat.”
Developer game lokal Indonesia sudah memiliki banyak karya game yang sudah dihasilkan dan dipublikasikan bahkan dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Namun tidak sedikit gamer maupun masyarakat umum di Indonesia yang tidak tahu dan tidak memainkan game karya developer lokal Indonesia.
“Baparekraf Game Prime berupaya tidak hanya mendorong peningkatan kualitas game lokal, namun juga dari sisi komersialnya melalui deals-deals yang tercipta. Selain itu, melalui showcasing game lokal yang telah mendunia, diharapkan dapat menginspirasi calon talent dan calon start up untuk masuk ke industri games” imbuh Ricky Setiawan dari GGWP.ID
Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 game karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org. Dari 40 game yang nantinya akan mengisi Online Game Exhibition, akan disaring menjadi 10 game terbaik, dan akan dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing konten creator dan berikut jadwalnya;
7 Agustus 2021
Pukul 13:00 WIB : Review Coffe Talk, Stellagale the trials of faith oleh danidjidat di Kanal Twitch danidjidat
Pukul 14:10 WIB : Review Escape From Naraka, Samudra oleh Anaktua di kanal YouTube Anak Tua
Pukul 15:10 WIB : Review Rage in Peace, Rendezvous oleh rizkymaingame di kanal Twitch Rizkimaingame
8 Agustus 2021
Pukul 13:10 WIB : Review Rising Hell, When the past was around oleh The Lazy Monday di Kanal YouTube The Lazy Monday
Pukul 14:10 WIB : Review Rocky Rampage, Epic Conquest 2 oleh Pokopow di kanal YouTube Pokopow