Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Pemasaran mempromosikan 8 jenama binaan pada booth seluas 54 m2 untuk hadir pada Adiwastra Nusantara 2022. Diantara para jenama binaan yang hadir adalah Kirapassa, Batik Reunceum, Kait, Fatchcraft, Kana, Meru Style, Nola Marta, dan Torajamelo.
Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Mitra Kinarya Adiwastra merupakan salah satu pameran kain adati terbesar di Indonesia yang telah diselenggarakan setiap tahun sejak 2008 di Jakarta.
Wastra artinya kain dan Adi berarti unggul atau terbaik, sehingga Adiwastra Nusantara berarti pameran kain-kain tradisional unggulan dari seluruh wilayah Indonesia. Pameran ini digagas oleh komunitas pecinta dan pegiat promosi kain adat Nusantara yang dimotori oleh Edith Ratna Soerjosoelarso dan kawan-kawan. Tujuan dari pameran ini antara lain untuk terus mengobarkan semangat pelestarian serta pengembangan kain adati Nusantara sebagai kekayaan bangsa yang beragam dan memiliki keindahan serta nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal yang tinggi menampilkan karya wastra adati unggulan Nusantara dari berbagai daerah. Hal ini selaras dengan upaya mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI).
Sebagaimana kita ketahui, bahwa selama hampir dua tahun sejak pandemi Covid 19 melanda dunia termasuk Indonesia, kegiatan promosi dan pemasaran wastra adati melalui pameran banyak terhenti. Namun demikian, para UMKM, pekerja kreatif, perancang wastra terus bekerja menghasilkan karya-karya wastra yang indah, karena itu adalah panggilan hidupnya.
Keberhasilan Pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi telah melonggarkan berbagai kegiatan masyarakat secara bertahap dimana kondisi perekonomian yang sempat melemah mulai menggeliat kembali dan membawa angin segar bagi bangkitnya perekonomian, khususnya bagi para UMKM dan pekerja kreatif di bidang wastra adati.
Pada situasi pandemi yang terkendali dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pameran Adiwastra Nusantara 2022 ke-13 kembali hadir dengan pagelaran fisik (offline) dan daring (online), dari tanggal 09-13 Februari 2022. Bertempat di Hall A Jakarta Convention Center dengan mengusung tema “Citra Keberagaman Nusantara dengan tagline : UMKM Wastra Bangkit ! .
Dalam kurun waktu perjalanan cukup panjang, penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara telah terbukti turut berperan serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan gairah pasar kain adati dan memberikan dampak ekonomi yang positif dan signifikan terhadap usaha para UKM perajin dan pengusaha kain adati yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.
Dengan Tema “ Citra Keberagaman Nusantara “ membuka wawasan minat masyarakat, bahwa penggunaan kain adati mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik untuk busana, interior maupun kebutuhan lainnya. Melalui sentuhan para desainer/perancang busana maka produk kriya lainnya dapat memanfaatkan kain adati sebagai bagian dari rancangannya, sehingga menjadikan popularitas kain adati berkembang meningkat pesat seiring dengan perkembangan trend fashion dewasa ini.
Ayo kunjungi dan ramaikan booth Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada pameran Adiwastra Nusantara 2022 sebagai perwujudan Bangga Buatan Indonesia…!