Peluang Bisnis Kemitraan saat Pandemi Covid-19

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif telah mencanangkan program Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) sejak tahun 2020. Program ini berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti e-commerce, mall, jasa logistik, media, dan pemerintah daerah. Di tahun 2021 (selama tiga bulan pendampingan), BKDT mampu menaikkan omset pelaku ekraf mencapai 200% dan kenaikan jumlah karyawan mencapai 300%.

Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa untuk bisa sukses dan bertahan disaat pandemi, pelaku ekraf harus beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi. Menurut Ibu Yuana, pelaku ekraf juga harus bergerak mencari wawasan baru, peluang untuk memperbaiki diri, membangun networking dengan pakar dan sesama pelaku usaha.

“Pelaku ekraf harus mampu beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi untuk dapat berkembang dan bertahan saat pandemi. Pelaku ekraf juga harus bergerak mencari wawasan baru, peluang untuk memperbaiki diri, membangun networking dengan pakar dan sesama pelaku usaha,” jelas Ibu Yuana.

Menurut Ibu Yuana, pelaku ekraf perlu membiasakan diri terhadap kemudahan yang dimiliki oleh teknologi. Pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi saat melakukan perluasan pasar melalui bisnis kemitraan.

“Kita harus membiasakan diri terhadap kemudahan teknologi yang ada, silakan manfaatkan teknologi untuk memperluas pasar melalui bisnis kemitraan,” tambah Ibu Yuana.

Bisnis kemitraan bisa menjadi opsi dalam mengembangkan usaha pelaku ekraf. Sejak Era awal tahun 2000an pertumbuhan usaha yang dimitrakan sangat signifikan. Hal ini dilihat dari ramainya acara pameran franchise dan kemitraan yang diselenggarakan. Baik dari pelaku usaha kemitraan yang menawarkan kemitraannya maupun pengunjung yang berniat membeli kemitraan.

Sebagai salah satu pelaku startup di bidang e-commerce, Friendchised baru saja meresmikan produk digital berupa marketplace yang mempermudah para Franchisor dan Franchisee dalam melakukan transaksi pembelian bisnis kemitraan sampai waralaba di KEDASI Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (29/5/2021) yang dihadiri oleh para business owner, peminat waralaba dan rekan-rekan CEO startup lainnya.

Pelaku ekraf dapat menikmati beberapa fitur yang fungsional serta bisa memberikan kesan user-friendly kepada para penggunanya. Adapun fitur yang disediakan oleh Friendchised seperti, Secure Payment Method, Business Profiling, Inspirations Tab, Event, Recommended Merchant, Customer profiling, Dashboard Merchant View.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on google